Sunday 18 January 2015

7 Tips Menulis Menjadi Gampang

Menjadi penulis yang baik, tentunya mengharuskan kita untuk berlatih dan bekerja keras semaksimal mungkin.
Anda bisa menulis dimana saja, di blog pribadi, mengirim artikel ke media massa, atau bahkan dengan hanya membuat catatan harian.
Yang penting hal tersebut dilakukan secara konsisten.


Ini adalah 7 tips penting saat menulis :

1. Menulislah dengan ringkas dan tidak berbelit-belit. Bisa anda dapatkan dengan rutinitas menulis. Setiap kata yang anda tulis memiliki makna atau tidak ada kata yang sekedar menambah panjang tulisan.

2. Saat menulis jangn melakukannya sambil mengedit, agar supaya apa yang anda pikirkan dapat tertuang secara continue.

3.Lakukan pembagian paragraf, dalam mengungkapkan suatu ide pikiran yang akan anda tuangkan. Dampaknya akan membuat pembaca merasa nyaman dengan tulisan anda.

4. Menulislah dengan spesifik berdasarkan judul yang telah anda buat. layaknya diskusi yang mengambang jauh dari topik membuat orang menjadi risih begitupula tulisan yang mengambang jauh dari topik akan membuat pembaca merasa tertipu dan kurang nyaman.

5. Menulislah dengan bahasa yang komunikatif, dengan pembaca. Usahakan tulisan tidak sekedar text book, yang hanya berisi bacaan 1 arah. Buatlah tulisan seakan-akan anda sedang berhadapan dengan pembaca.

6. Menulislah dengan informasi utama yang jelas. Hal itu membuat tulisan anda lebih dapat dipercaya. lengkapi keterangan waktu, tempat, dan keterangan lainnya yang dianggap perlu.

7. Tunjukkan integritas anda dengan menulis yang jujur. menulis yang jujur akan membuat tulisan anda jelas dan membuat pembaca tidak bingung dengan isi tulisan anda.

No comments:

Post a Comment